Rusman Ya'qub Sebut Transformasi UMKM Harus Didukung Infrastruktur Memadai

Wahyu Retno | Sabtu, 28 Okt 2023 12:00 WITA
Rusman Ya'qub Sebut Transformasi UMKM Harus Didukung Infrastruktur Memadai Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Rusman Ya'qub, mengungkapkan bahwa transformasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapay tercapai jika disertai dengan peningkatan infrastruktur sarana dan prasarana yang memadai.

Menurut Rusman, perkembangan teknologi digitalisasi selalu menjadi bagian integral dalam transformasi UMKM. Dengan inovasi dan digitalisasi yang tepat, diharapkan dapat membentuk ekosistem yang memungkinkan akses yang lebih mudah untuk mencapai pasar yang lebih luas, termasuk pasar internasional.

Ia juga menyampaikan, untuk mendukung itu semua diperlukan kerjasama dengan pihak pemerintah dan swasta. Sebab, tidak semua UMKM memiliki infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

"Tingginya gempuran perekonomian global tanpa dibarengi dengan tranformasi digitap dan ekosistem digital, akan sulit bertahan," ungkap Rusman.

Lebih lanjut, ia juga memberikan perhatiannya terhadap program pemerintah penyaluran kredit. Khususnya program Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha. 

Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

"Bank yang bekerja sama dengan pemerintah terkait penyaluran KUR seharusnya sudah memiliki inisiatif dalam memberikan akses permodalan," imbuh Rusman.

"Pasalnya, banyak UMKM yang membutuhkan bantuan permodalan agar dapat memaksimalkan kualitas dan kuantitas produknya," tambahnya.

Sementara itu, Rusman juga mengingatkan agar UMKM lebih bijak dalam memilih sumber permodalan karena maraknya kasus pinjaman online, terutama yang tidak terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang kemudian akan menimbulkan masalah.

"Bank tidak boleh kalah dalam periklanan, intinya administrasi perlu dipermudah," pungkasnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar