Samsun Dorong Kelompok Pemuda Geluti Sektor Pertanian

Wahyu Retno | Minggu, 29 Okt 2023 12:00 WITA
Samsun Dorong Kelompok Pemuda Geluti Sektor Pertanian Wakil Ketua I DPRD Kaltim, Muhammad Samsun

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Samsun, dorong kelompok pemuda untuk menggeluti sektor pertanian. Namun, ia menekankan, bahwa peningkatan pendapatan dalam pertanian perlu menjadi prioritas utama agar sektor menjadi lebih menarik. 

"Pendapatan pertanian harus meningkat dulu. Kalau meningkat, keren. Anak-anak muda kita pasti mau kerja pertanian," ujar Samsun, Selasa (10/10/2023).

Samsun menyatakan, rendahnya minat anak muda untuk bergelut sebagai petani dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah persepsi pendapatan yang dianggap kecil dari hasil bertani. 

"Pendapatan kecil itu ya karena tidak ada perlindungan terhadap hasil pertanian kita," ungkapnya.

Idealnya, Samsun menuturkan, ketika selesai panen, harga jual seharusnya tetap kompetitif di pasaran. Namun, dalam banyak kasus, harga jual justru mengalami penurunan saat produk beredar di pasaran. 

Samsun berpendapat bahwa, untuk mendorong anak muda menjadi petani, mereka juga harus dibekali dengan jiwa wirausaha. Karena, peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar di sektor pertanian dapat terwujud.

"Jadi, bukan hanya sekedar bercocok tanam, tetapi juga bisa menciptakan peluang dengan penghasilan yang besar," tambahnya.

Lebih lanjut, Samsun menegaskan, seorang calon petani muda seharusnya sudah memiliki pemahaman yang cukup tentang apa yang ingin mereka tanam. Sebab, penghasilan akan sangat bergantung pada jenis produksi dan penjualan yang dipilih. 

"Produksi itu bergantung dengan apa yang kita produksi. Apa yang dibutuhkan di pangsa pasar, kita harus tau itu," pungkasnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar