Abdul Rasyid; Berseprah Erau Adat Pelas Benua Harus Terus Dilestarikan

Muhammad Akbar | Kamis, 29 Sep 2022 12:00 WITA
Abdul Rasyid; Berseprah Erau Adat Pelas Benua Harus Terus Dilestarikan -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dalam rangka kegiatan Erau Adat Pelas Benua, dilakukan banyak rangkaian, dan salah satunya Berseprah yang merupakan suatu kegiatan sakral di setiap acara Erau.

Dalam momentum itu, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan masyarakat terlihat hadir. Tak terkecuali Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid didampingi Wakil Ketua I Alif Turiadi turut hadir. Kamis (29/9/2022).

Abdul Rasyid mengatakan, Beseprah dapat diartikan meninggalkan status atau jabatan dan menyatu dengan masyarakat sembari makan bersama.

Tradisi ini memiliki makna yang luar biasa sehingga harus terus dilestarikan dan dijaga.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa meningkatkan kebersamaan masyarakat dalam membangun nilai-nilai budaya di Kukar,”katanya.

Politikus Fraksi Golkar ini berharap, ke depan acara ini bisa menjadi magnet menarik bagi wisatawan luar daerah untuk berkunjung ke Kukar.

Bahkan ikut langsung pada kegiatan ini. Tadi, ada beberapa orang dari pusat, provinsi dan kabupaten lain turut bergabung.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan beseprah ini. Disamping kegiatan Erau, juga bisa menjadi tujuan wisata di Kukar,” tuturnya.

Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin menuturkan, Beseprah dilakukan semenjak sultan pertama hingga sekarang.

Ini pun menjadi ajang bagi pihak Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan masyarakat saling menyatu sehingga tidak ada perbedaan.

“Setiap ada Erau pasti ada Beseprah, karena ini kami beserta warga masyarakat menjadi satu. Tidak ada perbedaan Sultan dan rakyat,” pungkasnya. (Adv)


Tinggalkan Komentar