SDM Kaltim Perlu Disiapkan Sejak Dini Untuk IKN Nusantara

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 21 Nov 2023 12:00 WITA
SDM Kaltim Perlu Disiapkan Sejak Dini Untuk IKN Nusantara Kepala Diskominfo Kaltim, Faisal

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, Muhammad Faisal mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah untuk meningkatkan kapasitas dan skill menyambut IKN Nusantara.

"Kita tidak mau masyarakat Kaltim tenggelam, dan tidak diuntungkan terhadap kehadiran IKN Nusantara. Makanya persiapan SDM perlu dipersiapkan sejak dini," kata Faisal, sapaannya, Senin (20/11/2023).

Menurutnya, hal tersebut bukanlah tantangan yang mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan kerjasama dan sinergitas dari seluruh pihak termasuk masyarakat.

"Jangan sampai tersingkir dengan pendatang, makanya perlu dipersiapkan. Termasuk dengan pendukung IKN lainnya seperti sektor pertanian," tegasnya.

Penduduk Kaltim, kata dia, pasti akan membutuhkan beras. Sehingga pemerintah perlu menyiapkan hal tersebut agar tidak ekspor dari luar daerah. "Sektor pertanian perlu digenjot dan terserap maksimal. Banyak kebutuhan yang perlu dipersiapkan," sambungnya.

Ditunjuknya Kaltim sebagai penyangga IKN Nusantara merupakan sebuah anugerah terhadap masyarakat. Namun dia berharap kehadiran IKN bisa berdampak kepada kehidupan sosial.

"Jalan IKN bukan hanya untuk dilalui tapi juga berdampak terhadap kita, masyarakat lokal Kaltim di sini," tutupnya. (adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar