Olahraga Tradisional Lomba Ketinting Sebagai Potensi Wisata Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Sabtu, 21 Okt 2023 12:00 WITA
Olahraga Tradisional Lomba Ketinting Sebagai Potensi Wisata Kukar Lomba Ketinting Tradisional di Sungai Mahakam Tenggarong

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Lomba ketinting tradisional bertajuk Open Race Ketinting Sport Mahakam Panglima Kodam (Pangdam) VI Cup 2023 di Sungai Mahakam Tenggarong, mendapat apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai kartanegara (Kukar).

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrasi Umum Davip Haryanto, yang mewakili Bupati Kukar  secara resmi membuka Open Race Ketinting Sport Mahakam Panglima Kodam (Pangdam) VI Cup 2023, , Jumat (20/10/2023).

“Kita ketahui bersama lomba perahu ketinting adalah olahraga kreasi yang merupakan tradisi atau budaya di masyarakat Kukar. Tentunya perlu didukung oleh berbagai pihak agar budaya ini bisa dilestarikan dan dilaksanakan secara rutin,” ujarnya.

Plt. Asisten III tersebut yang menyampaikan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah, yang mengharapkan kegiatan ini dapat memotivasi olahraga tradisional khususnya lomba ketinting sebagai potensi wisata di Ibu Kota Tenggarong.

Ini juga sebagai upaya menjadikan atraksi budaya ini untuk menarik kunjungan wisatawan ke Tenggarong. Sekaligus untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi biaya pariwisata.

Menurutnya, dengan menjadi potensi wisata diharapkan selain memperkenalkan obyek wisata yang ada di Kabupaten Kukar juga mampu memacu pertumbuhan ekonomi dengan memberdayakan UMKM yang ada.

“Kita harapkan olahraga kreasi ini terus berkembang dengan baik, mengingat peminatnya juga banyak dan penontonnya selalu melimpah ruah sehingga dapat memberikan hiburan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0906/KKR, Letkol Inf. Jeffry Satria menyatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pangdam VI/Mulawarman adalah dalam rangka HUT TNI ke-78 tahun 2023 dan berlangsung selama tiga.

“Kita mulai sejak Jumat hingga Minggu yang bersamaan dengan Car Free Day (CFD) sehingga kegiatan ini bertambah meriah lagi karena banyaknya pengunjung yang datang,” jelasnya.

Dijelaskan  kegiatan ini memperlombakan kelas 500 CC Piston 94 kategori Veteran, 230 CC Piston 75 kategori Umum, 500 CC Piston 94 kategori Umum 2 orang joki depan, dan 500 CC Piston 94 kategori Umum 2 orang joki belakang.

“Kami berharap, olahraga tradisional ini kedepannya terus digelar bahkan lebih ditingkatkan dan meriah lagi. Sehingga bisa terus berkembang dan dilestarikan, dan tidak akan hilang tergerus oleh perkembangan zaman,” harapnya. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar