Pelatihan SDM Ekonomi Kreatif untuk Mendorong Wisata Desa, Gencar Dilaksanakan Dispar Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Sabtu, 09 Mar 2024 12:00 WITA
Pelatihan SDM Ekonomi Kreatif untuk Mendorong Wisata Desa, Gencar Dilaksanakan Dispar Kukar Pelatihan Peningkatan SDM Pelaku Ekonomi Kreatif

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Tahun 2024 ini, Dinas Pariwisata akan menjalankan program sertifikasi pemandu wisata, sertifikasi penjamak makanan hingga sertifikasi photograpfi. Bahkan peningkatan SDM yang dilakukan tahun lalu mendapat apresiasi dari masyarakat.

Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) berkomitmen meningkatkan kualitas SDM pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di setiap kecamatan. 

“Alhamdulillah program yang kami tawarkan kepada masyarakat diterima dan disambut dengan baik, karena di sana juga ada pelaku-pelaku industri pariwisata dan ekraf, dan itu memengaruhi pengembangan pariwisata,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dispar Kukar, Triyatma, Sabtu (9/3/2024).

Triyatma mengatakan, usulan pelatihan peningkatan SDM bagi pelaku ekonomi kreatif tak terlepas dari aspirasi yang disampaikan masyarakat pada musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.
Jadi, ketika akan melakukan sertifikasi, pihaknya akan bersurat kepada kecamatan untuk meminta perwakilannya. Dengan catatan, pemerintah kecamatan harus mengetahui siapa orang yang akan diutus di pelatihan.

“Jadi kalau kita ingin meminta orang atau peserta untuk mengikuti pelatihan, tentunya kecamatan setempat harus tahu siapa orangnya,” tutupnya. (Adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar