Penggunaan Anggaran FKDM Kecamatan Wilayah Ulu, Kesbangpol Kukar Gelar Sosialisasi

Amril Ibnu Marzuki | Sabtu, 20 Apr 2024 12:00 WITA
Penggunaan Anggaran FKDM Kecamatan Wilayah Ulu, Kesbangpol Kukar Gelar Sosialisasi Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Dana Operasional Pelaksanaan Kegiatan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) 

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menggelar kegiatan sosialisasi Penggunaan Dana Operasional Pelaksanaan Kegiatan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Kembang Janggut, dengan melibatkan 3 Kecamatan, diantaranya. Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang, pada Jumat (19/4/2024) kemarin. 

Kesbangpol Kukar bersama pengurus FKDM Kukar telah lebih dulu bertandang ke Kecamatan Muara Badak pada Selasa (2/4/2024). Sosialisasi ini diikuti FKDM Muara Badak, Marangkayu dan Anggana. 

Selanjutnya, Kamis (4/4/2024), sosialisasi dilanjutkan di Kecamatan Kota Bangun, dan diikuti oleh lima FKDM kecamatan, di antaranya Kota Bangun, Kota Bangun Darat, Muara Kaman, Muara Muntai dan Muara Wis. 

Kepala Badan Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti membuka langsung agenda sosialisasi tersebut. Dalam sambutannya, Rinda menyampaikan kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan.

Ia menyebut, Pemkab Kukar melalui Kesbangpol telah membentuk FKDM, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK). Forum-forum ini bukan hanya dibentuk tanpa adanya fasilitas yang mumpuni bagi anggotanya. 

“Kadang yang menjadi persoalan klasik, forum-forum terbentuk tapi tidak terfasilitasi dengan baik. Kita tidak mau itu terjadi,” ucap Rinda. 

Dijelaskan Rinda, anggaran bagi forum-forum yang ada di tingkat kecamatan masih melekat di Kesbangpol Kukar.

Harapannya, melalui anggaran tersebut, FKDM kecamatan dapat membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG) di Kukar. 

Totalnya Rp12 miliar anggaran yang disiapkan untuk forum-forum yang berada di bawah naungan Kesbangpol Kukar. Masing-masing kecamatan akan diberi Rp60 juta, dan setiap forum mendapat Rp20 juta. 

“Anggaran Rp20 juta ini digunakan untuk ATK, makan minum, akomodasi dan transportasi. Insya Allah tahun depan anggaran akan dilekatkan di kecamatan. Saya berharap anggarannya bisa lebih besar lagi,” tuturnya. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar