Peran TP-PKK Dalam Pembangunan Daerah Cukup Tinggi

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 31 Okt 2023 12:00 WITA
Peran TP-PKK Dalam Pembangunan Daerah Cukup Tinggi Pemkab Kukar Berikan Apresiasi Kepada TP PKK Kukar

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Tim Penggerak (TP) PKK memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk keluarga yang tangguh, dengan 10 programnya sebagai sinergitas bersama membangun daerah.

“Pemkab Kukar mengucapkan terima kasih dan apresiasi Tim Penggerak PKK Kukar beserta PKK Kecamatan yang telah sukses menyelenggarakan HKG-PKK membangun kekuatan bersama dalam meningkatkan kualitas pembangunan daerah yang sienrgi dan harmoni, tentunya ini sangat luar biasa,” apresiasi Bupati Kukar Edi Damansyah pada Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-51 Tingkat Kabupaten di Kota Bangun, Senin (30/10/2023).

Dikatakan Edi Damansyah HKG-PKK yang dilaksanakan di Kota Bangun tersebut sebagai wujud dari komitmen bersama untuk meningkatkan kolabroasi dalam proses pembangunan yang semakin kompleks.

“Pembangunan merupakan suatu proses dalam membentuk karekter masyarakat yang maju, religius dan sejahtera, dan pilar utama dalam pembentukannya adalah dimulai dari keluarga,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Edi Damansyah juga menyampaikan bahwa Pemkab Kukar memiliki beberapa program pembangunan yang berbasis keluarga ditujukan untuk memberikan akses kepada seluruh masyarakat untuk mendapatkan layanan dasar dan pengembangan potensi sumber daya ekonomi dengan optimal, seperti beasiswa pelajar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, akses kesehatan seperti layanan kesehatan dengan mengoptimalkan BPJS dan memberikan layanan terpadu pada Posyandu.

Kemudian peningkatan kualitas perumahan dan permukiman melalui program bedah rumah, penyediaan air bersih, perbaikan sanitasi hingga perbaikan jalan lingkungan.

“Dari aspek ketahanan ekonomi keluarga, seperti pemberian bantuan pangan, peralatan usaha hingga fasilitasi kredit UMKM, serta program-program lainnya yang keseluruhannya di kemas dalam satu filosifi ‘Kukar Idaman’,” katanya.

“Pemkab Kukar memerlukan dukungan dari segenap komponen masyarakat, termasuk TP-PKK agar dapat mensosialisasikan dan melaksanakan program Kukar Idaman secara sinergi dengan pemerintah sehingga program itu terus dikembangkan secara terus menerus, sehingga memberikan dampak yang signifikan bagi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga di Kutai Kartanegara,” jelasnya.

Diketahui, puncak HKG-PKK ke-51 dirangkai dengan penyerahan penghargaan dan hadiah bagi pemenang lomba HKG-PKK oleh Bupati Edi Damansyah didampingi istri tercinta Maslianawati, Sekda Kukar Dr. Sunggono dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Arianto. Peringatan HKG-PKK ke-52 Tingkat Kabupaten Tahun 2024 telah ditetapkan Kecamatan Tenggarong Seberang sebagai tuan rumah. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar