Air Bekas Lubang Tambang IMM Aman Untuk Dikonsumsi, Sebut Sutomo Jabir

Wahyu Retno | Jumat, 20 Okt 2023 12:00 WITA
Air Bekas Lubang Tambang IMM Aman Untuk Dikonsumsi, Sebut Sutomo Jabir Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, Sutomo Jabir

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, Sutomo Jabir  menyebutkan, air di lubang eks tambang (void) PT Indomarco Mandiri (IMM) yang akan dijadikan sebagai air baku untuk dikonsumsi oleh masyarakat Bontang sudah teruji dan memenuhi standar kesehatan.

"Kami sudah kunjungan ke sana kemarin, bahkan kami mencoba langsung hari itu. Airnya bisa langsung dikonsumsi karena sudah melalui tahapan pengujian dan terbukti aman," sebut Sutomo Jabir.

Diungkap olehnya, saat melakukan kunjungan ke lokasi, air eks tambang IMM tersebut sudah melalui proses tahapan yang panjang dan uji laboratorium dengan pH 7 (bersifat netral), sehingga sudah memenuhi standar kesehatan sebagai air baku dan bisa untuk dikonsumsi.

Sutomo Jabir juga menambahkan, pengujian dilakukan secara rutin oleh tim perusahaan yang telah dipercayakan.

"Kalau dari segi kualitas air saya pikir sudah clear semua. Saat kunjungan juga kami mencoba langsung airnya, sama seperti air galon biasa. Tidak ada yang aneh dari segi warna dan rasa," jelasnya.

Legislator daerah pilihan Kota Bontang, Kutai Timur dan Berau itu juga menanggapi soal penolakan sebagian warga Bontang terhadap rencana pemanfaatan air di lubang eks tambang (void) sebagai sumber baku air bersih. Ia menuturkan, hal tersebut dapat melalui proses sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

"Dari Dinas Kesehatan Provinsi sudah mengeluarkan pernyataan bahwa air tersebut aman untuk dikonsumsi selama sudah melewati tahapan dan proses pengujian secara klinis," ujarnya.

Lebih lanjut, Sutomo Jabir berharap agar warga Bontang sepenuhnya bisa menerima rencana tersebut untuk menjadi solusi dalam mengatasi krisis air bersih di daerah Bontang.

Ia juga mengapresiasi pihak perusahaan tambang IMM yang bersedia menyediakan air eks lubang tambang (void) untuk kepentingan masyarakat sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar