Kunjungan Penyuluh Kukar, Pertanian PPU Menjanjikan

Usman | Jumat, 18 Jun 2021 12:00 WITA
Kunjungan Penyuluh Kukar, Pertanian PPU Menjanjikan Anggota DPRD PPU Sujiati yang mendampingi kunjungan tersebut menyebut, 20 tenaga penyuluh dari Kota Raja tersebut belajar mengenai penanganan kadar asam pada lahan pertanian.

gerakanaktualnews.com, PENAJAM- Keberhasilan sektor pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) belakangan ini terus bergeliat, dan bahkan belum lama ini, puluhan penyuluh dari Kabupaten Kutai Kartanegara berkunjung ke PPU untuk berguru ke Benuo Taka di Demplot Padi Kecamatan Babulu beberapa waktu lalu.

Anggota DPRD PPU Sujiati yang mendampingi kunjungan tersebut menyebut, 20 tenaga penyuluh dari Kota Raja tersebut belajar mengenai penanganan kadar asam pada lahan pertanian.

“Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) khususnya di Babulu, dianggap mampu mengelola tanah berasam dengan cukup bagus dan produktif,” kata politikus Partai Gerindra ini.

Lanjut Sujiati, selama ini petani di Babulu menggunakan metode pengapuran dan produk anti asam untuk mengatasi problem tingginya kadar asam.

“Kalau di Kukar memang sebagian besar lahan yang ingin digunakan adalah eks tambang, sehingga memang kadar asamnya tinggi,” ungkap anggota komisi II DPRD PPU ini.

Selain belajar mengatasi problem asam pada lahan pertanian, penyuluh dari Kukar juga menyempatkan diri mempelajari teknik pertanian melon organik yang dikembangkan di PPU.

“Diakui bahwa selama ini PPU memang punya potensi besar di sektor pertanian, tinggal bagaimana keseriusan pemerintah mengelola sektor ini,” tuntas dia. (Adv)


Tinggalkan Komentar