Syamsudin: Dorong Peran Milenial Untuk Persiapan IKN

Usman | Selasa, 22 Jun 2021 12:00 WITA
Syamsudin: Dorong Peran Milenial Untuk Persiapan IKN Menurut Anggota DPRD PPU. Syamsuddin berharap dan sekaligus mendorong generasi milenial ambil peran dalam proses pemindahan IKN nanti. Dengan modal memiliki ke ahlian masing- masing.

gerakanaktualnews.com, PENAJAM- Rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyiapkan banyak peluang dan tantangan, peran kaum milenial Benuo Taka harus menjadi prioritas.

Menurut Anggota DPRD PPU. Syamsuddin berharap dan sekaligus mendorong generasi milenial ambil peran dalam proses pemindahan IKN nanti. Dengan modal memiliki ke ahlian masing- masing.

Namun tentu saja para generasi melineal ini, mereka wajib membekali diri dengan beragam keahlian, sehingga mampu bersaing dengan tenaga luar.

“Mereka wajib meningkatkan kapasitas diri. Bisa melalui pelatihan, bisa juga otodidak,” kata politikus PDI-P ini.

Lanjut kemudian Ia juga berpesan agar pendidikan yang tinggi, juga jadi salah satu aspek yang mesti diperhatikan oleh kaum milenial.

Meski semakin banyak pemuda PPU yang kini mengenyam pendidikan tinggi, Syamsuddin menilai masih banyak yang enggan kembali ke PPU. Alih-alih ikut membangun daerah, sebagian justru memilih melanjutkan karier di luar daerah.

“Memang tidak bisa disalahkan, tapi tentu kalau bisa kembali ke PPU dan ikut membangun daerah,” ungkapnya.

Berbicara soal pendidikan tinggi, Syamsuddin juga mendukung upaya pendirian perguruan tinggi (PT) di Kabupaten PPU.

Belakang memang ada beberapa yang mulai tertarik untuk mendirikan PT di PPU. Sepeti Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Penajam dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.

“Jika memang ada yang berencana mendirikan universitas tentu akan kami dukung. Supaya siswa yang lulus SMA/SMK tak perlu jauh-jauh ke luar daerah,” tuntas dia. (adv)


Tinggalkan Komentar