Kunjungi Persemaian Mentawir, Presiden Joko Widodo Inginkan Rehabilitasi Hutan

| Rabu, 22 Jun 2022 12:00 WITA
Kunjungi Persemaian Mentawir, Presiden Joko Widodo Inginkan Rehabilitasi Hutan -

gerakanaktualnews.com, PENAJAM - Persemaian yang disiapkan sebagai penyuplai bibit untuk rehabilitasi lahan dan pemulihan lingkungan di kawasan Ibukota Negara IKN Nusantara dan sekitarnya secara resmi dimulai pembangunannya.

 Presiden Joko Widodo didampingi Ketua DPR RI, Puan Maharani serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dan Gubernur Kaltim, Isran Noor berkunjung ke Persemaian Mentawir yang berada di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu (22/6/2022).

Total lahan Persemaian Mentawir luas lahan 22 Hektar dengan rincian sarana persemaian seluas 16 hektar dan sarana air baku 6 Hektar dengan kapasitas produksi bibit 15 juta batang per tahun.

Persemaian Mentawir dalam 6 -7 bulan ke depan diharapkan dapat memproduksi bibit pohon yang antara lain terdiri dari kayu nyatoh, meranti, kapur, gaharu dan jambu-jambuan.

Penanaman pohon-pohon tersebut diharapkan akan menarik satwa dan burung-burung untuk masuk ke habitatnya di IKN Nusantara.

Di kesempatan itu, Jokowi berkeliling melihat sejumlah fasilitas dan bibit pohon di lokasi persemaian.

Inilah yang diinginkan Presiden RI Joko Widodo, pembangunan IKN Nusantara akan diawali dengan merehabilitasi hutan-hutan yang ada, agar area-area di IKN dan sekitarnya kembali pada fungsi semula, yaitu sebagai hutan tropis. (adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar