Inovasi Disapa, Kabupaten Kukar Raih Penghargaan Nasional

Muhammad Akbar | Senin, 11 Sep 2023 12:00 WITA
Inovasi Disapa, Kabupaten Kukar Raih Penghargaan Nasional Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi bersama Bupati Kukar Edi Damansyah

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui program Disapa, akhirnya mendapatkan penghargaan apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik dari Kompas TV.

Program Disapa ini telah diimplementasikan di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah Kutai Kartanegara.

Dengan pembangunan situs web, semua informasi dan layanan sekarang menjadi lebih mudah dijangkau oleh masyarakat dalam era transparansi saat ini.

Inovasi tersebut pun mendapat pengakuan tingkat nasional dengan menerima Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik yang diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi, dalam acara Malam Puncak Perayaan HUT Ke-12 Kompas TV yang bertajuk “Indonesia Raya.”

“Jadi semua informasi dan layanan tersebut telah tersedia dalam format digital melalui program Disapa ini,” ungkap Bupati Kukar Edi Damansyah pada Senin malam (11/9/2023).

Penghargaan untuk keterbukaan informasi publik diberikan kepada lima daerah yang dinilai memberikan kontribusi nyata dalam mendukung keterbukaan informasi publik, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Edi mengatakan Pemkab Kutai Kartanegara sejak tahun 2021 silam sangat berkomitmen untuk melakukan penyederhanaan birokrasi sekaligus mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Salah satu program dedikasi Kukar Idaman yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026 adalah Digitalisasi Pelayanan Publik atau Disapa.

Lewat program Disapa, pihaknya mendorong seluruh OPD untuk berinovasi mengembangkan aplikasi berbasis web agar masyarakat dapat mengakses layanan publik dengan mudah dan cepat.

“Termasuk melalui PPID mendorong seluruh badan publik di tingkat kabupaten hingga desa untuk secara transparan dan terbuka menyuguhkan informasi melalui website, media sosial dan pelayanan langsung di desk pelayanan PPID,” tandasnya.

Selain Bupati Edi Damansyah yang menerima Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik, yaitu Kabupaten Talaud, Kota Probolinggo, Kabupaten Pulau Taliabu, dan Kabupaten Tapin.


Tinggalkan Komentar