Kesbangpol Mulai Seleksi Paskibraka Kukar 2024

Amril Ibnu Marzuki | Kamis, 25 Apr 2024 12:00 WITA
Kesbangpol Mulai Seleksi Paskibraka Kukar 2024 Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar, Rinda Desianti

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Kesbangpol, sedang melakukan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang di ikuti sebanyak 152 pelajar untuk tahapan seleksi. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar, Rinda Desianti menyampaikan, seleksi Paskibraka Kukar sudah memasuki tahapan samapta, Peraturan Baris Berbaris (PBB), parade dan psikotes. 

Tiga tahapan ini sudah dimulai sejak 22-26 April 2024. Tes samapta, PBB dan parade dilaksanakan terpusat di Kodim 0906/KKR.

Kemudian psikotes digelar di kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kukar.

“Ini sudah masuk tahapan terakhir untuk seleksi Paskibraka Kukar. Mulai Senin 29 April ada wawancara via zoom berkaitan dengan minat dan bakat,” ungkap Rinda, Rabu (24/4/2024) kemarin. 

“Diselesaikan sampai 3 atau 4 Mei. Sebab pada 8 Mei itu sudah harus diserahkan nama-nama itu,” sambung Rinda. 

Disampaikannya, Kabupaten Kukar menargetkan 36-40 orang untuk diberi tugas mengibarkan Sang Merah Putih di lapangan kantor Bupati Kukar pada 17 Agustus 2024 mendatang. 

Untuk itu, Tim Seleksi Paskibraka Kukar juga sangat selektif melakukan seleksi calon paskibraka. Bahkan, sistem pendaftaran seleksi juga sudah tersistem secara online melalui Aplikasi Transparansi Paskibraka. Pengawasan seleksi pun langsung dari pusat, melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Selain itu, Timsel Paskibraka Kukar juga akan mengirimkan empat orang pelajar untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Setelahnya, pihak provinsi juga akan melakukan seleksi untuk tingkat nasional. 

“Seleksi ini tetap kita lihat juga kondisinya, karena bisa jadi fisik bagus, tapi mentalnya nggak, otomatis nggak bisa direkomendasikan. Nanti kita ada rapat pleno menentukan hasil. Untuk pusdiklat dimulai 15 Juli-17 Agustus di asrama atlet Kukar,” beber Rinda. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar