Penguatan Fungsi BRIDA, Pemkab Kukar Terima Kunjungan BRIN

Amril Ibnu Marzuki | Kamis, 19 Okt 2023 12:00 WITA
Penguatan Fungsi BRIDA, Pemkab Kukar Terima Kunjungan BRIN Pemkab Kukar Saat Terima Kunjungan Kerja Deputi BRIN, Dr. Yopi

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Maman Setyawan beserta jajaran dan kepala perangkat daerah terkait, menerima kunjungan kerja Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) Dr Yopi.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Yopi didampingi Sekretaris Deputi Riset dan Inovasi Daerah BRIN Dr Wiwiek Joelijani beserta staf, diterima di ruang eksekutif Kantor Bupati Kukar, pada Rabu (18/10/2023).

BRIN mengapresiasi Pemkab Kukar atas pembentukan Brida, yang sebelumnya merupakan Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar.

Hal tersebut merupakan upaya mendukung kinerja Brida dalam rangka memperkuat tujuan dan fungsi Brida guna pengembangan riset dan inovasi daerah dan koordinasi penyusunan rencana induk dan peta jalan kemajuan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

Kunjungan juga dilakukan untuk penguatan fungsi bidang Brida. Sesuai ketentuan yang ada yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 7 Tahun 2023 Tentang Pedoman, Pembentukan dan Nomenklatur Badan Riset dan Inovasi Daerah dan Peraturan BRIN Nomor 5 Tahun 2023 Tentang Tata Kelola Riset dan Inovasi di Daerah, serta Perpres 78 Tahun 2021 mengenai tugas dan fungsi Brida.

Dr Yopi juga mengingatkan agar kegiatan Brida sinkron dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional – Daerah (RPJMN/D) tingkat Provinsi-Kabupaten, kemudian susun dokumen jangka menengah dan jangka panjang. Hal tersebut karena OPD membutuhkan data dukung untuk memperkuat perencanaan kegiatan. Jadi, Brida bergerak mem-backup perencanaan jangka panjang.

Kemudian, agar membangun ekosistem riset dan inovasi. Hal ini kata Dr Yopi penting, yakni mulai tingkat anak-anak di sekolah-sekolah dan terus ke level lebih tinggi, intinya inovasi secara menyeluruh yang disesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing.

“BRIN akan dampingi secara spasial pemetaan ekosistem inovasi termasuk menyusun rencana induk Iptek. Indikator apa yang paling penting dimasukkan untuk kemajuan Iptek daerah,” papar Yopi.

Sementara, Kepala Brida Kukar Maman, menyambut baik kunjungan BRIN tersebut dan berupaya menjalankan tugas pokok dan fungsi BRIDA Kukar sesuai ketentuan yang ada, termasuk menjalankan apa yang disampaikan Deputi BRIN tersebut. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar