Upaya Percepatan Pencapaian Target Pembangunan Daerah, Pemkab Kukar Gelar Pekan Inovasi

Amril Ibnu Marzuki | Rabu, 11 Okt 2023 12:00 WITA
Upaya Percepatan Pencapaian Target Pembangunan Daerah, Pemkab Kukar Gelar Pekan Inovasi Bupati Kukar Edi Damansyah Saat Meresmikan Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Pemerintah Kutai Kartanegara menggelar Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023, yang dibuka oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, Rabu (11/10/2023) di Ruang Serbaguna Kantor Bupati setempat. 

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Kukar Maman Setiawan, dalam laporannya tema tahun ini adalah "Inovasi dan kreativitas untuk akselerasi mewujudkan Kukar IDAMAN". Kategori peserta yakni Organisasi Perangkat Daerah, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kecamatan, Kelurahan/Desa, Badan usaha Milik Desa (BUMDes), Puskesmas. Di sektor pendidikan ada Sekolah, Guru dan Siswa. Kemudian  Petani-nelayan, Perempuan, penyandang disabilitas, mahasiswa dan pemuda.  

Tahapan kegiatan yakni 11-13 Oktober peserta mendaftarkan inovasinya di website inovasikukarkab.go.id, penilaian inovasi mulai 1 - 20 November, penentuan nominasi 20 November, kemudian verifikasi lapangan 20-26 November, presentasi inovasi 27 November - 8 Desember, kemudian penentuan pemenang.  

Adapun Sistematika proposal inovasi yakni latar belakang permasalahan, tujuan dan manfaat inovasi, deskripsi inovasi dan potensinya, serta dampak dari hasil inovasi.

Sementara, Bupati Edi Damansyah berharap Brida Kukar bersama Tim Penilai dan Sekda harus mengkonsep sistem dalam inovasi ini, yakni internal (dari lembaganya) Perangkat Daerah dari tingkat kabupaten hingga Kelurahan didorong untuk membuat inovasi.

"Ini untuk melihat bagaimana perubahan yang terjadi hingga di tingkat kelurahan. ini untuk mendorong lembaga pemerintah berinovasi, menunjukkan peran pemerintah di masyarakat," ujarnya.

Pemkab Kukar sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah menetapkan garis-garis besar pembangunan daerah sesuai dengan Visi “Mewujudkan Masyarakat Kutai Kartanegara yang Sejahtera dan berbahagia”, yang kemudian diturunkan dalam lima poin Misi dalam bingkai filosofi KUKAR IDAMAN. 

Secara etimologi berarti sesuatu yang diharapkan, yang didambakan, yang dicita-citakan. Sedangkan secara terminologi merupakan akronim dari Inovatif, Daya saing dan Mandiri (Idaman). Kukar Idaman adalah satu gerakan yang mengoptimalkan seluruh potensi daerah. Dengan mendorong kreativitas dan inovasi seluruh pelaku pembangunan dalam menciptakan daya saing dan kemandirian daerah yang didasari semangat kolaborasi dan sinergitas antara pemerintah kabupaten, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat untuk mewujudkan Kutai Kartanegara yang lebih baik.

Penyelenggaraan Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023 dengan tema “Inovasi dan Kreativitas Untuk Akselerasi Wujudkan KUKAR IDAMAN”, sebagai salah satu upaya Pemkab Kukar dalam percepatan pencapaian target pembangunan Daerah yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) salah satunya melalui penguatan pembangunan daerah berbasis riset dan inovasi.  

"Hal ini sekaligus sebagai upaya dalam menjaring ide inovasi dan kreativitas dari berbagai pihak, menumbuh kembangkan dan memperkuat pembangunan daerah berbasis riset dan inovasi demi mewujudkan Kutai Kartanegara yang Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri," ujar Edi. 

Selain itu, Pekan Inovasi dan Kreativitas juga bertujuan agar tercipta perubahan-perubahan menuju tradisi, pola, dan cara baru melalui gerakan Satu Instansi Satu Inovasi (One Agency One Innovation), yang mewajibkan 1 (satu) Perangkat Daerah atau Unit Kerja untuk menghasilkan paling sedikit 1 (satu) inovasi pelayanan publik setiap tahunnya sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Hadir pada acara itu dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, dan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri, Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Rektor Universitas Kutai Kartanegara, Kepala Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tenggarong, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kukar, Para Camat se- Kukar, Kepala Desa dan Lurah se- Kukar, Pimpinan Puskesmas, Kepala Sekolah SD, MI, SMP, MTS, SMA, MA, SMK di wilayah Kukar. Juga dihadiri jajaran KTNA dan KOPAJA (Komunitas Para Janda) Kukar, serta Tim Penilai Independen (TPI) Pekan Inovasi dan Kreativitas. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar