AMSI Kaltim Ajak Media Tangkal Hoax Jelang Pemilu 2024

Muhammad Rusli | Rabu, 20 Des 2023 12:00 WITA
AMSI Kaltim Ajak Media Tangkal Hoax Jelang Pemilu 2024 Agenda Konverwil AMSI dan Diskusi Publik dengan tema Nusantara Digital Conference 2023 Kolaborasi Tangkal Hoax Jelang Pemilu 2024

gerakanaktualnews.com, Balikpapan - Jelang Pemilu 2024, media memiliki peranan penting dalam memberikan informasi yang akurat dan mendalam kepada masyarakat.

Penyelenggaraan Pilkada yang transparan dan demokratis membutuhkan kontribusi positif dari media untuk bersama-sama melawan berita palsu.

“Media punya peranan penting bagaimana sama-sama melawan hoax,” ungkap Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sumarsono pada Konverwil AMSI dan Diskusi Publik dengan tema Nusantara Digital Conference 2023 Kolaborasi Tangkal Hoax Jelang Pemilu 2024, di Hotel Royal Suite, Rabu (20/12/2023).

Sebagai sumber informasi terpercaya, media harusnya bisa menyajikan berita yang independen, netralitas, akurat, serta berimbang.

Hal ini tentu akan berpengaruh bagi penerima informasi untuk mengonsumsi berita sesuai dengan fakta yang ada selama proses tahapan pemilu.

Selain kecepatan, berita yang disampaikan media cetak maupun online harus akurat dan melalui cek dan ricek yang berulang.

“AMSI punya peran penting mengajak teman-teman media untuk tidak memberitan berita tidak benar,” tuturnya.

Tambahnya, AMSI terus berkomitmen memberikan informasi kepada masyarakat bahwa sumber informasi yang dapat dipercaya adalah melalui media yang terpercaya.

Turut Hadir Pengelola Dokumentasi Diskominfo Kaltim, KPU Kaltim, Diskominfo Balikpapan, DPRD Balikpapan serta media. (*)


Tinggalkan Komentar