Keren! Usai Nonton Kukarland Festival 2023, Wabup Rendi Solihin Terjun Langsung Punguti Sampah

Amril Ibnu Marzuki | Sabtu, 23 Sep 2023 12:00 WITA
Keren! Usai Nonton Kukarland Festival 2023, Wabup Rendi Solihin Terjun Langsung Punguti Sampah Wagub Rendi Solihin Saat Terjun Membersihkan Sampah Usai Festival Kukarland

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG — Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin memang kerap kali menuangkan prestasi selama ikut memimpin Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Selain berhasil mendapat sejumlah penghargaan di sektor ekonomi kreatif, Wabup Rendi Solihin juga kerap kali melakukan aksi sosial yang tak jarang membuat banyak orang kagum. 

Seperti baru-baru ini di Kukarland Festival 2023, Wabup Rendi Solihin terlihat memunguti sampah usai festival selesai. 

Meski sudah tengah malam, Rendi tetap membereskan sampah yang berserakan bersama para panitia dan volunteer Kukarland Festival.

Dengan mengenakan kaos hitam dan celana jeans, membawa kantong hitam besar dan memungut sampah yang berserakan di Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang.

Wabup Rendi Solihin mengatakan, aksinya memunguti sampah bertujuan untuk membantu dan meringankan kerja petugas kebersihan.

Setelah acara selesai, ia berkeinginan semua lokasi atau venue Kukarland Festival bersih dan tidak meninggalkan sampah yang mengganggu aktivitas masyarakat. 

"Kami bersama teman volunteer gotong royong selesai acara. Ini bukti kolaborasi dari semua pihak yang terlibat malam hari ini. Ada beberapa beberapa OPD juga yang ikut bergabung," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kukarland Festival 2023 menjadi helatan hajat musik di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang ramah lingkungan.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin membuktikan, bahwa konser ramah lingkungan bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. 

Hal tersebut diwujudkan melalui beberapa langkah. Di antaranya, meminimalisir penggunaan plastik, kemudian mengganti wadah makanan maupun minuman dengan menggunakan gelas atau piring kertas.

"Kukarland Festival 2023 sangat spesial karena banyak sekali mengadopsi kultur budaya dan kami berkomitmen untuk meminimalisir sampah plastik saat berlangsungnya konser," terangnya.

Selain itu, pengunjung Kukarland Festival 2023 juga mendapat edukasi mengenai pemilahan sesuai dengan dua jenis sampah. Yakni, organik, dan sampah daur ulang.

Menurut, Wabup Rendi Solihin, hal tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam menjaga lingkungan bersih dan sehat.

Pihak panitia Kukarland Festival 2023 pun telah menyediakan bak atau kantong sampah di beberapa titik agar pengunjung konser mudah mengakses lokasi pembuangan barang tak terpakai.

"Kami mencoba menunjukkan bahwa menjadi bersih dan hijau (ramah lingkungan) adalah sebuah bentuk komitmen yang baik,” tandas laki-laki kelahiran 1991 itu. (Adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar